The Story

Semuanya berawal sejak Liyana berusia 6 tahun. Kala itu, ibunya sedang mengandung adik perempuannya. Dokter mendiagnosis ibu Liyana menderita Diabetes Melitus dan beliau pun harus menerima kenyataan bahwa terdapat kasus “bayi raksasa” (giant baby) pada kehamilannya. Dengan persalinan normal, ibu Liyana hampir kehilangan nyawanya dalam proses melahirkan bayi berbobot 5 kg selama 12 jam.

Tidak berhenti sampai di situ, ketika berusia 14 tahun, Liyana harus kehilangan kakeknya yang menderita diabetes dan banyak kerusakan organ. Tak lama kemudian, Liyana yang pada saat itu masih remaja akhirnya juga kehilangan neneknya karena penyakit jantung dan stroke. Hidup dengan dihantui oleh penyakit genetik membuat Liyana selalu khawatir akan kesehatannya, terutama karena kondisi berat badannya yang selalu di ambang overweight dan obesitas.

Waktu berlalu, Liyana pun akhirnya memasuki perguruan tinggi dan mengambil studi Kedokteran Gigi. Selama masa perkuliahan, ia didiagnosis menderita Polycystic Ovary Syndrome (PCOS). Sayangnya, penyakit PCOS membuat penderitanya sangat sulit untuk menurunkan berat badan. Saat itu Liyana hampir putus asa melihat kondisi tubuhnya. Perjalanannya dalam menurunkan berat badan sejak kecil, membuatnya menyadari akan suatu hal, bahwa ternyata ia cukup sulit menemukan cara untuk menjalani hidup sehat. Tanpa riwayat penyakit genetik pun, terkadang seseorang bisa mengalami banyak gangguan kesehatan. Dengan kondisinya yang menderita PCOS dan memiliki bakat penyakit genetik, Liyana semakin tergerak untuk mencari jalan keluar atas permasalahan kesehatannya. Ia sadar bahwa hidup sehat harus dimulai dari sekarang untuk menghindari risiko penyakit mendatang yang mungkin dideritanya.

Dimulai dari hobi memasaknya, Liyana akhirnya merancang menu makanan sehat yang bisa ia konsumsi sehari-hari. Ia pun banyak berkonsultasi dengan ahli gizi untuk merancang menu dengan perhitungan kalori dan nutrisi yang tepat untuk tubuhnya. Tidak hanya itu, Liyana juga rajin berolahraga dan melakukan banyak exercise agar dapat mendukung program penurunan berat badannya.

Liyana sadar betul bahwa dengan menjalani gaya hidup sehat, tubuhnya menjadi selalu bugar dan jauh dari keluhan sakit. Dari pengalamannya selama ini, Liyana sangat ingin memotivasi orang-orang di sekitarnya untuk turut mengubah gaya hidupnya dimulai dari yang paling sederhana, yaitu menjalani pola makan sehat (healthy eating). Oleh karena itu, Liyana menciptakan sebuah layanan katering di Yogyakarta yang menyediakan program pola makan sehat berdasarkan perhitungan kalori dan nutrisi seimbang. Dengan mengacu pada DASH Diet dan Weight Watchers Diet yang merupakan program pola makan terbaik di Amerika dan Dunia, Liyana berharap agar layanan katering sehat ini dapat menumbuhkan semangat bagi setiap orang untuk memulai gaya hidup yang lebih sehat, dimulai dari mengkonsumsi makanan sehat tiap harinya.